Pages

Pengertian Paskibraka


Paskibraka Kota Metro

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya yaitu mengibarkan Duplikat Bendera Pusaka dalam Upacar Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Anggotanya berasal dari pelajar SMA Sederajat kelas 1 atau 2. Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April  untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus. 
  
Itu adalah pengertian singkat tentang Paskibraka, mungkin dari kalian anggota paskibra sendiri sudah tau tentang apa itu paskibraka, tetapi banyak dari anggota paskibra yang masih belum tau bagaimana cara menjadi seorang paskibraka.



Paskibraka dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu tingkat Kabupaten/kota, Provinsi, dan juga Nasional. untuk bisa menjadi Paskibraka Nasional kita harus mengikuti seleksi terlebih dahulu di tingkat Kabupaten/Kota, setelah kita lulus dari Seleksi tingkat Kab/Kota biasanya akan dikirimkan anggota Putra dan Putri terbaik perwakilan dari tingkat Kab/Kota yang dikirim untuk mewakili Kab/Kota tersebut untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi, setelah lulus dalam seleksi tingkat Provinsi, sama halnya dengan sebelumnya, akan dipilih anggota putra dan putri terbaik untuk mewakili tiap Provinsi untuk mengikuti seleksi Paskibraka Tingkat Nasional.


No comments:

Post a Comment